Pengertian Teori Uses and Gratifications
Sejarah Lahirnya Teori Uses and Gratifications
Kemudian, teori-teori masyarakat masa digantikan oleh teori pengaruh terbatas yang merupakan konsepsi pengaruh media yang dibatasi oleh aspek-aspek tertentu dari kehidupan personal dan sosial anggota khalayak. Dua pendekatan pada orientasi pengaruh terbatas sudah diindentifikasi. Pertama, perspektif perbedaan individu yang melihat kekuatan media dibentuk oleh faktor personal seperti kecerdasan dan penghargaan diri. Pendekatan pengaruh terbatas yang kedua adalah model katagori asosiasi anggota khalayak dan afiliasi kelompok. Hal ini efektif untuk membatasi pengaruh apapun yang dapat dimiliki oleh pesan media.
Pandangan-pandangan ini memberikan khalayak sangat sedikit kredibel. Pandangan yang pertama menyiarkan bahwa orang tidak cukup pintar dan kuat untuk melindungi diri mereka terhadap pengaruh media yang tidak diinginkan. Pandangan selanjutnya menyatakan bahwa orang secara relatif memiliki sedikit pilihan pribadi dalam menginterprestasikan makna pesan terhadap diri mereka konsumsi dan dalam menentukan tingkat pengaruh pesan terhadap diri mereka. selanjutnya, untuk menanggapi pandangan-pandangan yang tidak sesuai dengan tipikal khalayak inilah Elihu Katz, Jay G. Blumler, dan micheal Gurevitch (1974) mempresentasikan sebuah artikulasi yang sistematis dan komprehensif mengenai peran anggota khalayak dalam proses komunikasi massa. Mereka merumuskan pemikiran mereka dan menghasilkan yang disebut sebagai teori kegunaan dan Gratifikasi (Uses and Gratifications).
Teori ini menyatakan bahwa orang secara aktif mencari media tertentu dan isi tertentu untuk menghasilkan kepuasan (hasil) tertentu. Dalam teori ini , orang dianggap aktif karena mampu untuk mempelajari dan megevalusi berbagai jenis media untuk mencapai tujuan komunikasi. Teori kegunaan dan gratifikasi adalah perluasan dari teori kebutuhan dan motivasi (maslow, 1970). Dalam teori kebutuhan dan motivasi, Abraham Maslow menyatakan bahwa orang secara aktif berusaha untuk memenuhi hierarki kebutuhannya.
0 Response to "Teori Uses and Gratifications Dalam Ilmu Komunikasi"
Posting Komentar